Minggu, 19 Februari 2012

Case Analysis Kasus C

Kasus
Landa berusia 25 tahun telah menjalani hubungan perkawinannya selama hampir 2 tahun. Landa selalu merasa ketakutan dan kekhawatiran yang mendalam bila bersama suaminya. Hal ini tidak terlalu dirasakannya ketika ia bersama orang lain. Suami subjek merupakan figur suami yang otoriter dan overprotekstif. Subjek selalu merasa disalahkan atas setiap hal yang dilakukannya. Subjek merasa tidak berani memberikan pendapat kepada suaminya. Subjek merasa tidak bahagia dengan kehidupan perkawinannya tersebut dan berniat untuk segera bercerai dengannya tetapi subjek tidak mempunyai keberanian untuk melakukannya.

Identifikasi
Landa termasuk seseorang yang mempunyai perilaku abnormal karena dia mempunyai kecemasan yang sangat tinggi sehingga membuat dirinya merasa tidak nyaman bersama suaminya yang sudah tinggal bersama selama 2 tahun. Normalnya, seseorang akan merasakan semakin nyaman tinggal bersama suaminya dalam waktu yang cukup lama, tetapi Landa tidak demikian. 

Landa merasa tidak nyaman hanya bersama suaminya saja. Suaminya merupakan orang yang otoriter dan overprotekstif sehingga membuat Landa tidak nyaman. Landa seharusnya dapat berkomunikasi dengan baik bersama suaminya atau mencurahkan perasaannya kepada orang terdekatnya tentang perasaannya, tetapi Landa selalu memendam perasaannya sehingga merepress perasaannya dan membuat Landa selalu khawatir.

Dalam suatu hubungan baiknya terjalin komunikasi interpersonal yang baik antara suami dan istri. Tetapi terlihat disini hanya terjadi komunikasi satu arah yaitu dari suami kepada istrnya Landa, tetapi dari pihak Landa tidak terjalin komunikasi yang baik sehingga membuatnya merasa tidak nyaman. Landa merasa takut kepada suaminya yang selalu menyalahkannya, harusnya landa dapat mengungkapkan apa yang dirasakan kepada suaminya sehingga suami dapat mengerti perasaan Landa. 

Tidak mudah dalam menjalani hubungan interpesonal dengan orang lain, apalagi dalam hubungan rumah tangga. Komunikasi adalah satu satunya cara agar hubungan suami istri dapat berjalan dengan baik. Landa tidak seharusnya langsung mengambil keputusan untuk bercerai, karena hubungan mereka masih dapat diselamatkan jika komunikasi antara Landa dan suaminya berjalan dengan lancar dan saling mendapatkan feedback yang baik.

Tidak ada komentar: